Kamis, 22 April 2010

Pemrograman Java : Apa Bahasa Pemrograman Java itu ?


Berikut mengenai beberapa penjelasan mengenai bahasa pemrograman Java dan perbandingannya dengan bahasa C/C++ :

1. Java adalah bahasa pemrograman yang mempunyai syntax yang (pada dasarnya ) sama dengan bahasa C/C++.

2. Lebih sederhana daripada c++. Beberapa kemampuan C++, seperti multiple inheritance, overload operator, serta pointer telah dihilangkan di dalam bahasa java.

3. Java merupakan bahasa yang murni object oriented. Dalam bahasa C++ kita masih dapat memakai syntax dari bahasa C, seperti deklarasi fungsi atau variable di luar class. Ini membuat C++ tidak murni object oriented. Dalam Java, sellllluruh struktur program berada di dalam class. Tidak ada funcion atau variableyang dideklarasikan di luar class

4. Java merupakan bahasa yang menghasilkan bahasa yang sangat stabil. Karena pointer telah dihilangkan di dalam Java, maka programer tidak dapat lagi mengalokasikan atau mengakses memoti secara manual. Seluruh alokasi memori dilakukan oleh Java melalui reference. Sedangkan seluruh dealokasi memori dilakukan secara otomatis melalui mekasnisme yang disebut garbagr-collection. Dengan demikian tidak ada lagi eror aksek memori ataupun eror alokasi /dealokasi memori yang dapat menyebabkan program serta sistem menjadi tidak stabil.

Java adalah bahasa multi-platform,artinya ia dapat dijalankan oleh bermacam macam-platform dengan sostem operasi yang berbeda beda. Progran yang ditulis dalam bahasa Java akan di compile menjadi sebuah file .class yang disebut compile-bytecode. Bytecode ini dapa dieksekusi eleh JVM. File .class dapat berupa aplet upun aplikasi lokal. Sepanjang sistem telah diinstal dengan JVM.

Sumber : Java 2 SE dengan JBuilder (Matius S.J, G.Sri Hartanti, B.Herry Suharto)


----------------------------------
Dukung Isa pada Kontes Seo Amikom Blogger Community Goes To Karimunjawa


Anda Ingin Berlangganan Tutorial Komputer Terbaru Seperti Ini Gratis ,Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar untuk entri blog belajar ilmu komputer ini. Kurang lengkap rasanya apabila anda tidak meninggalkan jejek komentar anda di blog ini.

 

Komentar Terakhir

Belajar Ilmu Komputer Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon Supported by : Amikom Blogger Community Goes To Karimunjawa