Sabtu, 15 Mei 2010

Pemrograman Java : Fungsi dan Prosedur Pada Pemrograman Java

Seperti halnya bahasa pemograman yang lain java juga memiliki fungsi dan prosedur yang berguna untuk memudahkan dan mengoptimalkan program.

Prosedur

Prosedur adalah kumpulan ekspresi-ekspresi algoritma yang berguna untuk menjalankan proses tertentu. Prosedur sudah banyak dikenal mulai dari bahasa mesin hingga bahasa level tinggi (Query).
Dalam bahasa Java prosedur biasanya diawali dengan kata “void”. Dan kebanyakan aplikasi berjalan melalui prosedur.

Fungsi

Fungsi dan prosedur memiliki kesamaan dalam bentuknya hanya saja fungsi memiliki nilai yang bisa dihasilkan kembali (Dikembalikan). Fungsi dibuat biasanya untuk menyederhanakan sebuah operasi. Ketika dua buah prosedur membutuhkan sebuah operasi yang sama maka operasi tersebut dapat ditulis kedalam fungsi sehingga bisa menghemat waktu penulisan tanpa harus menulis dua kali.
Dalam bahasa Java fungsi biasanya diawali dengan tipe data (int, char, bool). Dan diakhir statementnya terdapat kata “return”. Nilai yang direturn harus nilai yang sama seperti yang dideklarasikan di nama fungsi. perhatikan contoh dari prosedur dan fungsi dibawah ini :

public class FunctionProcedure {
public static void main(String[] args) {
int T, n;


n = Nilai(4, 4); //Fungsi Nilai dipanggil
T = n * 100;

System.out.println(T);
}

public static int Nilai(int a, int b) {
int n;

b = b * 2;
n = a + b;
return n;
}
}

Program diatas menggunakan fungsi nilai yang menghitung nilai a dan b setelah dihitung nilai hasil akan digunakan oleh prosedur main dan prosedur main akan menampilkan hasilnya.


----------------------------------
Dukung Isa pada Kontes Seo Amikom Blogger Community Goes To Karimunjawa


Anda Ingin Berlangganan Tutorial Komputer Terbaru Seperti Ini Gratis ,Masukkan alamat email anda:

Delivered by FeedBurner

14 komentar:

Zendry Maulana on 15 Mei 2010 21.23 mengatakan...

hahaaa, ane suka niiih, ane gemar sama yang namanya b.pemrograman . walau newbie giniii ,.
wkwkwkwkwkw

Karlz on 15 Mei 2010 21.42 mengatakan...

waduh ga mudenk boz ^_^

oppie on 16 Mei 2010 20.46 mengatakan...

bisa juga rupanya pake gini di tes dulu achhh

Katir on 17 Mei 2010 11.27 mengatakan...

biyuuuhhh...........
tambah nguwelu... ini gan kepala ku...kalo dalam urusan b pemograman....
ampun dech....benar langsung cenut-cenut kepalaku...
aku mau tinggal jadinya ja dech gan...

MARNO on 17 Mei 2010 12.07 mengatakan...

mantap sob, saya belum pernah nyoba.
tapi bahasanya mirip Visual Basic ya sob

Mas Doyok on 17 Mei 2010 12.39 mengatakan...

lanjutkan pasti berguna bagi yg dibidangnya
:)
tpi kalau aku mumet
gak bidangnya sih

IzaAzhari on 17 Mei 2010 12.45 mengatakan...

hehheh,,iy mas doyok,,,mksih motivasinya

Angga Budi Santoso on 18 Mei 2010 14.20 mengatakan...

Wah, Agak bingung sih. Tapi, bagus buat yg ska utak-atik program java nih. ;-)

kakve_santi on 19 Mei 2010 20.46 mengatakan...

mirip dengan delphi ya...?

Boy Malik on 21 Mei 2010 16.52 mengatakan...

assalamualaikum,wah bagus nih infonya,tentang java,tutorialnya bagus buat ane yg baru kenal java hehe ,pamit ahh assalamualaikum

muchlisin on 24 Mei 2010 10.44 mengatakan...

Alhamdulillah, jadi sedikit tahu tentang pemrograman Java. introducing-nya

Salam ukhuwah

rahmaddetechno on 18 Juli 2010 11.40 mengatakan...

wah boleh juga ni.. dicoba dulu...
himalkom IPB

lutfy on 27 Juli 2010 23.21 mengatakan...

tx mas share'nya ...
nie saya ada contoh program java :
http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2010/07/contoh-program-java.html

semoga bermanfaat ...
tx .

Fandil Periswanto on 25 November 2016 10.35 mengatakan...

Ok..makasih banyak untuk ilmu nya

Posting Komentar

Silakan memberikan komentar untuk entri blog belajar ilmu komputer ini. Kurang lengkap rasanya apabila anda tidak meninggalkan jejek komentar anda di blog ini.

 

Komentar Terakhir

Belajar Ilmu Komputer Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon Supported by : Amikom Blogger Community Goes To Karimunjawa